Menyajikan Not Angka Lagu Pianika, Not Angka Lagu Piano, Not Angka Lagu Suling, Not Angka Lagu Gitar, Not Angka Lagu Recorder, dan Lirik Lagu

Saturday, March 17, 2018

Cara Belajar Bermain Drum Bagi Pemula Yang Baik dan Benar

Cara Belajar Bermain Drum Bagi Pemula - Tahukah Anda bahwa salah satu jenis alat musik yang masuk dalam golongan alat musik perkusi adalah Drum. Alat musik ini biasanya di mainkan dalam ganre musik Pop, Rock dan Jazz, sebab Drum menjadi alat musik yang menentukan tempo musik. Drum juga menjadi dasar ketukan dari sebuah lagu.

Namun, Apakah Anda sudah paham dengan pengertian Drum?


Drum adalah sebuah alat musik yang juga dikenal dengan sebutan dengan drum set atau drum kit yakni sekumpulan drum yang terkelompok mulai dari Snare, Hi Hat, Tom Tom, Tom Floor Bass Drum atau juga bisa diberi tambahan denga drum listrik. Selain itu, di dalam susunan drum juga terdapat piringan yang sering disebut sebagai cymbal. Cymbal adalah piringan yang terbuat dari bahan metal. Di dalam komposisi drum kit sendiri terdapat 3 buah cymbal, diantaranya: crash, ride, dan hi-hat.

Cara Belajar Bermain Drum Bagi Pemula Yang Baik dan Benar

Dari penjalasan sedikit diatas, Anda pasti sudah bisa membayangkan tentang drum bukan? Tentu saja Anda juga sudah mulai tertarik ya untuk belajar alat musik Drum. Oleh karena itu, Anda yang mulai berminat untuk belajar alat musik drum Anda harus mengenal terlebih dahulu tentang teknik-teknik dasar pemula untuk bermain Drum agar Anda bisa dengan mudah belajar ketukan drum,

Baca juga:
Jenis-Jenis Suara (Vokal) Manusia
Dalam bermain Drum, apa lagi bagi para pemula, ada banyak hal atau teknik yang perlu Anda ketahui. Teknik-teknik dasar bermain drum ini berawal dari posisi duduk sampai bagaimana cara memukul. Oleh karena itu, Anda harus memahami secara tepat bahwa memukul drum tidak seperti kita memukul sebuah stik pada obyek lainnya.

Memukul drum sangat membutuhkan teknik yang tepat, dan sangat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa memakan waktu yang cukup lama agar Anda bisa menguasai teknik memukul Drum yang baik. Mungkin saat kita melihat sebuah video tentang seorang drummer yang sedang memainkan drumnya sangatlah mudah, Dia memukul kesana-kemari tetap saja memberikan suara yang pas dan sangat menggairahkan.

Namun, seperti yang sudah saya jelaskan bahwa memukul drum memerlukan teknik yang tinggi. Para Drummers yang sekarang Anda jadikan idola dahulu juga merupakan seorang pemula seperti Anda. Mereka juga berlatih, untuk bisa menguasai teknik-teknik bermain drum yang baik dan benar. Berlatih 1 jam dalam sehari akan lebih berarti dari pada anda berlatih 7 jam setiap minggunya.

Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan ulasan yang akan saya berikan berikut ini tentang teknik dasar dalam bermain drum bagi pemula agar Anda dapat lebih cepat untuk memahami tentang alat musik ini.

Posisi Tubuh

Yang dimaksud dengan psisi tubuh adalah pada saat posisi didik. Dalam bermain drum, Posisi duduk yang benar adalah tegak. Hal ini karena dengan posisi duduk tegak maka Anda akan mendapatkan sebuah posisi atau bentuk ideal dalam bermain drum. Selain mendapatkan posisi yang ideal, posisi duduk tegak dapat membuat sebuah energi tambahan saat Anda bermain drum, apalagi dalam jangka waktu yang tidak pendek (panjang).

Usahakan bagi Anda, apa lagi pemula yang ingin belajar bermain drum cobalah utnuk duduk dengan posisi tegak, jangan membungkuk atau juga jangan terlalu tegak (kebelakang). Posisi duduk tegak akan memudahkan Anda untuk bisa menguasai seluruh bagian drum.

Hal ini pasti akan sangat sulit dan pastinya bagi para pemula akan menimbulkan rasa pegal pegal ya. Tetapi, dengan tekad yang kuat untukk belajar bermain drum pastinya Anda pasti bisa untuk duduk secara tegak.

Cara Memegang Stick

Untuk bisa mendapatkan tingkat ketebalan dalam permainan alat musik drum maka jangan sampai Anda lewatkan salah satu teknik ini, yakni saat memegang stick drum. Cara yang benar dalam memegang stick druma adalah dengan cara memposisikan ibu jari pada bagian tengah stick drum. Setelah itu, sisakan stick pada bagian belakang supaya bagian telapak tangan Anda dapat membuka atau menutup stick Anda agar melayang saat menyentuh pada drum.

Pada saat stick drum Anda sudah kembali maka Anda cukup menangkapnya saja dan tidak perlu untuk menarik stik drum dengan tenaga yang berlebihan. Hal itu dapat menghemat tenaga Anda dalam memainkan drum.

Dalam memegang stik terdapat 2 Teknik Pukulan drum, diantaranya?

1. Teknik Match Grip
Teknik Match Grip adalah teknik memegang stik dengan posisi lurus supaya mendapatkan tenaga yang cukup besar. Teknik ini biasanya digunakan oleh para drummers profesional pada band-band yang bergenre Rock.

2. Teknik Tradisional Grip
Teknik Tradisional Grip adalah teknik memegang stick drum dengan cara menyamping dan dengan volume yang sedikit pelan. Tujuan teknik ini adalah untuk mendapaykan suara yang soft atau lembut. Teknik Tradisional Grip biasanya digunakan oleh para pemain drum bergenre jazz.

Cara Menginjak Pedal Bass Drum

Dalam menginjak pijakan dalam drum andara harus memperhatikan 2 hal ini yakni bass drum dan snare. Saat Anda menginjakkan pedal maka kesesuaian antara bass drum dan snare akan menciptakan nada yang indah karena ketukan yang diciptakan dari pijakan Anda bisa sesuai.

Dalam menginjak pedal bass drum ada 2 teknik dasar yang perlu kamu ketahui:

1. Full Kick
Teknik ini memungkinkan Anda untuk memakai engsel mata kaki Anda yang akan membuat nada menjadi lebih bagus. Teknik ini memakai seluruh bagian telapak kaki yang tujuannya untuk menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum.

Walaupun teknik ini lebih menguras energi karena Anda harus menekan Bass Drum dengan energi lebih, namun hasilnya kurang greget atau maksimal.

Teknik ini sangat cocok untuk digunakan saat anda sedang dalam show atau pertunjukkan. Sebab, Saat konser maka drum akan mendapatkan perlakukan khusus, misalnya bagian bass drum akan diberi mic sehinnga Anda tidak perlu menekan dengan energi lebih.

2. Half Kick
Teknik Half Kick memakai setengah kaki Anda pada bagian dalam. Half Kick merupakan teknik yang menekankan pada bagian engsel lutut sebagai tumpuan dasar. Oleh karena itu, Anda dapat mengangkat kaki Anda keatas. Dengan memakai teknik ini ketukan bass durm akan menjadi lebih kuat. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai gaya cepat.

Hi Hat

Sebaiknya Anda gunakan kaki kiri untuk memainkan hi hat. Bukan hanya sebagai cymbal saja, tetapi hi hat adalah pacuan untuk mengatur tempi serta acuan ketukan dalam.bermain drum. Perlu Anda ketahui bahwa ketukan dasar hi hat sebaiknya bagus dan jelas karna dalam bermain drum Anda harus memainkannyan dengan baik agar stabil (tidak berlebihan ataupun tidak kurang).

Hal ini juga berlaku untuk segala jenis alat musik lainnya. Hi hat akan membagi bagian permainan dalam beberapa bar. Hi hat juga akan diperjelas lagi saat membuka hi hat. Maksudnya adalah hi hat perlu di ketuk pada saat posisi tertutup kemudian pada bagian akhir dibuka kembali sebelum melanjutkan ke bar berikutnya.

Dalam menginjak pedal hi hat, Anda juga haru mengetahui aturannya, seperti menetukan aturan dalam open hi hat di ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) sebab suara yang dihasilkan akan berbeda-beda.

Awali Dari Ketukan Dasar

Memulai sebuah nada bagi para pemula adalah hal yang paling sulit bukan! Ya penulis juga menyadari tentang hal tersebut, namun nyatanya hal ini merupakan hal yang wajib Anda ketahui jika Anda benar-benar ingin belajar bermain drum.

Anda bisa memulai dari ketukan permainan snare, yang meliputi single stroke, double stroke, triplets, dan lain-lain. Hal ini tentu saja dapat dengan mudah mengatur komposisi nada yang lebih baik bagi Anda para pemula.

Setelah itu, Anda juga bisa memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, posisi tangan kanan pada hi hat dan posisi tangan kiri pada snare drum. Hitunglah ketukan hi hat sampai pada ketukan ke 8 lalu Anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5. Selain itu, ketukan snare drum pada hitungan ke-3 dan ke-7. Cobalah untuk menghitung berulang-ulang dengan hi hat juga ya.

Demikian artikel tentang Cara Belajar Bermain Drum Bagi Pemula Yang Baik dan Benar, tentunya cara ini juga bisa menjadikan jawaban tentang cara belajar drum secara otodidik, belajar ketukan drum, yang daat Anda gunakan sebagai dasar saat ingin belajar bermain drum. Selain itu jangan la untuk selalu berlatih dengan semangat.

Salam sukses..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Belajar Bermain Drum Bagi Pemula Yang Baik dan Benar